[The Wedding Journal] My #DIYBrideProject: Chalkboard Backdrop

Selamat sore, semoga hari-hari penuh deadline ini penuh kelancaran dan kebaikan ya. Alhamdulillah hari ini semua target sudah selesai dikerjakan. 🙂

Langsung saja ya, kali ini saya mau bercerita tentang salah satu #DIYBrideProject yang saya buat untuk hari pernikahan Bulan Mei lalu, yaitu chalkboard backdrop. (Cerita tentang #DIYBrideProject sebelumnya dapat dilihat di My #DIYBrideProject : Souvenir Siraman dan Pengajian) Bagi yang belum pernah mendengar istilah ini, seperti namanya, chalkboard backdrop adalah backdrop menyerupai papan tulis yang biasanya berisi tipografi artistik dan atau lukisan, yang nantinya digunakan untuk berfoto. Penggunaan chalkboard backdrop seringkali dijumpai pada pesta pernikahan barat, terutama yang mengusung tema garden party. Trying to adopt the idea on your wedding? Why not? 

Saya terinspirasi dengan chalkboard backdrop ini awalnya dari instagram milik desainer muda Ayu Dyah Andari. Saat itu, salah satu pengantin yang menggunakan jasa Ayu Dyah Andari, berfoto dengan menggunakan chalkboard backdrop. Karena tertarik dan penasaran, saya mencoba gali lebih dalam tentang cara pembuatan backdrop ini. Ternyata caranya sangat sederhana, yakni menggunakan 2 buah triplek yang disatukan dan dicat hitam. Selanjutnya kita hanya perlu berkreasi sesuka hati menggunakan kapur tulis. Setelah itu, bisa juga ditimpa dengan menggunakan cat putih. Free style!

Berikut ini contoh-contoh inspirasi untuk desain chalkboard backdrop :

Siapa yang jatuh cinta dengan chalkboard-chalkboard di atas? Sayaaa! Dan karena saya ga modal ingin segala sesuatunya penuh kesan, alih-alih memesan jasa pembuatan chalkboard backdrop, saya berencana membuat sendiri chalkboard ini. With a dull skill dan hanya bermodalkan guru-guru dan teman-teman yang sering bilang tulisan saya bagus, I believe in myself.

Saya berencana membuat backdrop ini awal Mei, dua pekan sebelum pernikahan kami digelar. Qadarullah, pekan ketiga April saya mengalami kecelakaan lalu lintas. Tangan kiri saya retak. Rencana pembuatan backdrop ini pun dengan terpaksa harus saya batalkan demi kebaikan saya sendiri. Manusia memang hanya bisa berencana ya, Allah yang berkehendak. Proses pembuatan #DIYBrideProject lainnya, yakni paper flower (ceritanya akan segera menyusul) pun harus terhenti disini. Sedih? Yes. Do I have any reason to be angry with God? No.

Setiap pekan sebelum pernikahan, saya harus melakukan terapi pijat tradisional ke Gunung Bolang. Tangan kiri saya benar-benar tidak dapat melakukan apapun. Gerakan sangat terbatas. Jangankan menyelesaikan pembuatan backdrop ini, berwudhu dengan sempurna pun saya belum bisa.

Tapi, siapa sih yang tidak tahu kalau Tika anaknya keras kepala? Eventhough I know pretty well that I am not capable of making the backdrop, I just can’t erase that idea from my head. Akhirnya sehari sebelum akad nikah, saya meminta tolong kepada Bapak untuk menyiapkan triplek, cat hitam, dan kapur tulis. Padahal hari itu ada acara pengajian pernikahan dan seserahan. Kapan mau buatnya coba?

Alhamdulillah, saya mendapatkan banyak bantuan dari teman Bapak, Om Zul, untuk mengecat triplek menjadi hitam. Dan akhirnya pada malam hari (iya, sebelum besoknya siraman dan akad nikah), saya dan Bapak memasang triplek hitam di salah satu dinding rumah. Say whaaaat?

Sekitar pukul 22.30, saya mulai berkreasi dengan kapur di atas papan hitam tersebut. Tanpa pola awal. Tanpa pensil. Tanpa skets. Langsung kapur. Hanya dengan tangan kanan. Semua keluarga geleng-geleng kepala. Bapak mengawasi selama saya menulis di papan dengan kursi, khawatir saya terjatuh. Ibu berkali-kali menyuruh saya tidur, sambil mesam mesem. Tapi anaknya tetap keukeuh markeukeuh, tidak bergeming. Hehehe.

Alhamdulillah, jam 12 kurang, jadilah chalkboard backdrop ini.

img_6364

Unbelievable!

Ada yang mau dibuatkan kaya gini? Boleh loh, sekarang tangan saya sudah sembuh, dan yang jelas, nanti pasti dibuat sketsnya dulu hehehe.

Semoga bermanfaat, plan every single details of your wedding with heart

Dwi Mustika Handayani

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s