[The Wedding Journal] Menghias Seserahan di Harapan Craft

Salah satu budaya dalam pernikahan di Indonesia adalah pemberian seserahan, ketika calon mempelai pria beserta keluarga datang dengan membawa berbagai barang untuk diserahkan kepada mempelai wanita. Sebagai pengantin wanita, saya senang sekali ketika calon suami datang membawa seserahan. Perempuan mana sih yang tidak suka pemberian? Hehe.

Saat ini, jumlah dan jenis barang yang diberikan pada saat seserahan sangat beragam. Dari peralatan shalat, sampai make up dan perhiasan. Pemilihan barang dan jumlah kotak pun biasanya disepakati oleh kedua mempelai. Bahkan seringkali mempelai wanita lah yang memilih sendiri barang seserahan yang akan diberikan. Cara seperti ini bertujuan supaya barang seserahan yang diberikan memang disukai dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari mempelai wanita. Saya dan suami pun menggunakan cara ini sehingga beberapa bulan sebelum pernikahan, kami mulai mencicil belanja barang seserahan. Dan karena keluarga saya juga menggunakan tradisi seserahan balik ntuk mempelai pria, suami juga ikut belanja memilih barang seseragan untuknya. 🙂

Bagi saya, belanja seserahan sendiri itu juga tidak bisa sembarangan sih. Jangan mentang-mentang akan dibelikan, jadi kalap mau barang-barang yang branded. Jadi prinsip dari saya tetap sama, belanjalah seperlunya. Yang bagus, tidak berlebihan, dan yang paling penting, kamu suka. Saya juga belanja bersama suami supaya bisa menanyakan pendapatnya.

Seserahan umumnya diberikan pada saat akad nikah atau lamaran. Namun saya meminta untuk diadakan semalam sebelum siraman dan akad nikah (saat lamaran formalitas hehe). Sementara saat lamaran sesungguhnya, yakni saat pertama kami suami dan keluarga datang ke rumah, seserahan yang diberikan hanyalah seserahan berisi makanan.

Nah, berikut ini isi seserahan sederhana ala kami berdua :

Seserahan Mempelai Wanita (9 Kotak)

  1. Perlengkapan sholat
    Berisi mukena dan sajadah (Tanah Abang dan Thamrin City). Sebenarnya bisa juga ditambah AlQuran dan tasbih, namun saya termasuk orang yang jarang menggunakan tasbih, dan AlQuran yang saya miliki pun masih cukup bagus. Karena AlQuran bukanlah barang yang dipakai untuk berganti-ganti, jadi tidak ada AlQuran dalam kotak seserahan kami. (Iya, pemikiran kami praktis sekali hehe)
  2. Perlengkapan mandi
    1 set seri Japanese Cherry Blossom (The Body Shop) berisi shower gel, body lotion, body butter, body mist, dan bathing glove. Kemudian ditambahkan juga dengan shower puff.
  3. Handuk dan tambahan alat pembersih wajah
    Berisi bathrobe dan handuk mandi ukuran besar (Terry Palmer) beserta sabun muka, cleansing milk, dan cleansing toner (Ristra). Bathrobe yang diberikan ini juga yang akan digunakan nanti pada acara siraman pengantin hehehe (supaya sekalian).
  4. Peralatan make up
    Berisi base make up, foundation, bedak tabur, liquid eyeliner, blush on, eyeshadow, dan lip palette (Make Over Indonesia). Tidak ada brush karena saya khawatir tidak digunakan, ini saja saya baru mau mulai make up sedikit-sedikit apabila dibutuhkan pada special occasion (biasanya hanya pakai conditioner, bedak tabur, lipstick).
  5. Pakaian tidur dan pakaian dalam.
    Berisi piyama dan 2 set lengkap pakaian dalam. I love pajamas! Live long pajamas!
  6. Kain batik
    Ini request dari ibu. Menurutnya mempelai pria harus menyertakan kain batik tradisional dengan jumlah ganjil sebagai bagian dalam seserhan. Adat dari Jawa sepertinya. Sehingga kotak kelima ini berisi kain sido luhur, sido mukti, dan sido asih. Untung ngga ada sido muncul :p
  7. Daily outfit
    Satu buah gamis panjang (Kivitz), flat shoes (Gioreti), dan tas tangan (Palomino).
  8. Party attire
    Terdiri dari dress (jahit), high heels (Fladeo), dan clutch (Yongki Komaladi). High heels nya sekalian dipakai untuk setelah siraman hehehe.
  9. Sprei. Iya satu kotak aja sudah penuh kalau sudah diisi sprei hehehe.

Seserahan Mempelai Pria (3 kotak)

  1. Pakaian Kerja
    3 pasang pakaian kerja (kemeja Alisan dan celana panjang).
  2. Sepatu
    1 buah sepatu formal (Buccheri). Ini dibeli sekalian untuk sepatu wedding. Hehehe.
  3. Handuk
    Bathrobe dan handuk mandi ukuran besar (Terry Palmer). Bathrobe dipakai untuk acara siraman pengantin hehehe.

Barang-barang seserahan kemudian dihias sedemikian rupa sebelum diberikan kepada mempelai wanita/pria. Ada banyak sekali pilihan kemasan seserahan, bisa menggunakan box, keranjang, sangkar burung, dan lain sebagainya. Untuk menghias seserahan, kami menggunakan jasa hias dari Harapan Craft (IG : @renataaputrii), Plaza Mayestik.

Alasan kami memilih Harapan Craft adalah motif box mika yang cantik-cantik serta hiasannya yang sederhana, manis, dan tidak berlebihan/norak. Saya kurang suka hiasan seserahan yang sampai membentuk binatang aneh-aneh, lebih suka dibuat bunga-bunga sederhana. Selain itu bisa juga menggunakan bunga artifisial sebagai pemanis. Ah, simply beautiful pokoknya. Pernah keliling Cikini, Asemka, dan Mayestik, paling cocok disini ❤

Berikut ini harga kotak dan jasa hias di Harapan Craft :

PL Harapan Craft Seserahan 2016

Akhirnya kami mengambil 2 set box mika tebal motif bunga shabby berwarna baby blue, 1 set mika standar ( 3 motif navy -silver untuk Si Mas dan 1 motif bunga shabby berwarna baby blue untuk saya). Ditambah 9 buah bunga artifisial untuk kotak seserahan wanita, dan 8 hiasan sudut untuk seserahan pria. Untuk pita, saya beli sendiri, karena lebih hemat daripada menambah hiasan pita di Harapan Craft.

Untuk prosesnya, bisa ditunggu atau bisa juga ditinggal. Namun supaya lebih efisien waktu, kami mendrop barang-barang untuk dihias sekaligus briefing (barang apa di box mana), kemudian kami tinggal untuk diambil seminggu kemudian.

Berikut ini output seserahan kami :

img_4423

Sukaaaaa sekali ❤ ❤ ❤

Semoga bermanfaat. Plan every single details of your wedding wih love.

Harapan Craft
Lantai Basement Plaza Mayestik Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Line : renataaputrii
WA : 081213821324

Dwi Mustika Handayani.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s