[The Wedding Journal] All You Need to Know About Doing Photosession in UI

Halo, selamat malam semuanya 🙂

Alhamdulillah akhirnya bisa kembali ke blog ini setelah belakangan terakhir overwhelmed dengan pekerjaan kantor dan rumah tangga. Walaupun hari ini juga pulang agak telat (lagi). Kali ini saya mau bercerita tentang prosedur melakukan sesi foto di Universitas Indonesia. Semoga berkenan yaa..

Kenapa UI?

Well, dengan luas lebih dari 300 hektar, UI menawarkan landscape dan view indah dengan spot-spot yang menarik. Dari dataran sampai undakan berliku bisa kamu jumpai di UI. Bahkan ringroad kampus dan jalur sepeda bisa menjadi spot yang cantik untuk sesi fotomu. Taman Firdaus yang terletak di belakang Rektorat UI juga bisa kamu jadikan pilihan spot foto karena tempatnya yang asri dan tertata rapi. Kalau kamu berjalan dr Taman Firdaus menuju Fasilkom, kamu juga bisa berpotret dengan objek yang beragam (sempat terpikir seperti memang diset untuk foto dengan berbagai background, hehe).

Tidak hanya itu, arsitektur khas bata-bata pada bangunan di UI juga memberi kesan antik dan bersejarah pada setiap bingkai cahaya yang kamu tangkap. Kamu bisa berfoto di sepanjang lorong fakultas, atau di spot spot unik di fakultas dan ruang kelas (tentunya harus izin dulu ya).

Kalau kamu ingin sentuhan yang lebih modern, coba saja berfoto di lingkungan sekitar Perpustakaan UI. Siapa sih yang ngga tau Crystal of Knowledge? UI memiliki perpustakaan yang (katanya) terbesar se Asia Tenggara dengan desain arsitektur yang modern. Sayangnya kita tidak diizinkan untuk berfoto di dalam perpustakaan, hanya boleh di lingkungan luarnya saja. Tapi taman lingkar dan danau UI juga bisa membuat foto-fotomu menjadi menarik.

Pre-Wedding-By-Javas-Studio-2

No idea how could they get into the collection room karena kata petugas di rektorat ngga boleh 🙂 Sumber Gambar

Wah, kalau kamu dan pasanganmu adalah alumni kampus ini, ngga ada salahnya melakukan sesi foto sambil nostalgia masa-masa perjuanganmu di kampus biru ini. Apalagi kalau kamu justru dipertemukan di kampus ini (seperti saya hihi. Tentunya, selama kamu nggak bosan dan ngga punya kenangan buruk dengan UI, hehe). Tenang aja, kalau kamu alumni UI, kamu hampir pasti diberi izin oleh pihak pengelola (so far sih, nggak tau kalau nanti ada perubahan policy 😀). Berfoto di halte, di dalam bikun, atau sambil mengayuh sepeda bersama bisa membuat photo sessionmu lebih fun dan menyenangkan!

Selain itu, melakukan sesi foto di lingkungan UI untuk kebutuhan non komersial juga tidak dipungut biaya alias Gratis Tis Tis! Selain biaya parkir, kamu hanya perlu mengajukan permohonan izin kepada pihak pengelola kampus. Kalau kamu alumni, kamu juga perlu melampirkan fotokopi KTM. Jangan salah sangka, ternyata melakukan sesi foto di café dan restoran biayanya lumayan juga hmmm, dulu saya sempat mau melakukan sesi foto di The Reading Room Kemang, chargenya adalah Rp 700.000 dengan minimum order Rp Rp 300.000.

Berikut ini prosedur izin sesi foto di UI :

  1. Membuat surat permohonan izin yang ditujukan kepada Direktur Umum dan Fasilitas Universitas Indonesia, dengan ditembuskan pada Subdit PLK UI, selambat lambatnya 7 hari sebelum sesi foto dilakukan. Prosedur selengkapnya dapat dilihat di sini.
  2. Surat berisi Nama, NIK, Alamat, NPM (lengkap dengan fakultas dan jurusan), dan maksud serta tujuan melakukan sesi foto lengkap dengan tanggal, waktu, dan lokasi yang ingin digunakan.
  3. Berikan surat tersebut ke Direktorat Umum dan Fasilitas UI yang terletak di lantai 3 Gedung Rektorat UI.
  4. Tunggu sampai suratmu ditandatangani oleh pejabat yang berwenang.
  5. Selanjutnya ambil surat, fotokopi, dan serahkan kepada Subdit PLK UI. Yang aslinya tetap kamu pegang ya, in case saat hari H ditanya satpam, kamu jadi bisa menunjukkan bukti perizinan kegiatan sesi foto yang kamu lakukan 🙂

Kalau biasanya sesi foto dilakukan saat weekday supaya tidak terlalu ramai pengunjung, berfoto di Universitas Indonesia justru dianjurkan saat weekend karena tidak ada kegiatan perkuliahan. Tapi berarti tidak bisa menggunakan fasilitas kampus yang beroperasi pada hari kerja saja.

Jadi, bagaimana? Berminat melakukan sesi foto disini? 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s