[The Wedding Journal] Review Serayu Printing Pasar Tebet

Oke, list undangan dan alamat sudah, konsep model dan desain undangan sudah, selanjutnya adalah survey percetakan undangan pernikahan. Desain undangan kami ada di postingan sebelumnya Desain Undangan & Wedding Stationary by @yourweddingmate and Me.

Pastikan ketika survey undangan, kamu sudah tau berapa banyak undangan yang akan dicetak dan model undangan seperti apa yang diinginkan. Jumlah undangan yang akan dicetak terkadang mempengaruhi harga yang ditawarkan oleh vendor, sementara konsep undangan membuat kita lebih fokus ketika melakukan survey, karena kalau tidak, terlalu banyak pilihan juga bisa bikin bingung. Boleh juga bawa contoh referensi undangan untuk dibawa ketika survey.

Tempat pertama yang kami survey adalah daerah Senen. Kami mengunjungi sekitar 4-5 tempat dan untuk model single board ukuran A5 dengan amplop dan peta sisipan, biayanya sekitar Rp 7.000 – 9.000/pc.

Kemudian kami lanjut survey ke Pasar Tebet.

Hal yang perlu diperhatikan kalau memesan undangan di Pasar Tebet adalah :

  1. Perhatikan reputasi toko. Pernah dengar cerita capeng yang ditipu oleh vendor undangan disini. Jadi sebaiknya baca-baca review vendor dulu di internet sebelum deal dengan salah satu vendor, jangan sampai mendapat vendor yang tidak amanah.
  2. Make sure item apa saja yang akan didapatkan. Pada beberapa vendor, penawaran yang diberikan belum termasuk plastik pembungkus, atau belum termasuk sisipan peta. Dan jadinya kita malah harus nambah – nambah lagi. Hehe
  3. Pastikan kamu cetak dummy dulu sebelum start proses produksi, untuk memastikan warna, kesesuaian layout, dan lain lain.

Terdapat beberapa pilihan jenis kertas yang biasanya digunakan untuk undangan, di antaranya adalah tulip, akaysa, jasmine, carton board, atau art carton. Saya pribadi prefer menggunakan laminated art carton, soalnya bagus, output warnanya lebih kuat, permukaannya halus, dan terlihat lebih kokoh, tapi harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan kertas jasmine.

Pertama kali ke Tebet, kami ke Serayu Printing yang letaknya di lantai 1 Pasar Tebet. Untuk model single board dihargai Rp 6.500 dengan kertas jasmine, sudah dengan emboss dan bonus kartu terima kasih. Sementara kalau menggunakan laminated art carton sekitar Rp 7.000-7.500. Biasanya kalau dengan kertas jasmine, warna jadi kurang keluar dibandingkan dengan art carton. Tapi ownernya meyakinkan bahwa warna akan tetap melekat kuat di kertas karena beliau menggunakan mesin sendiri keluaran Jerman. Penawaran yang diberikan Serayu Printing lebih murah dari beberapa toko yang sempet didatangi di Senen. Kemudian kami pun survey lagi ke beberapa toko di lantai 1 dan di basement, harganya umumnya Rp 7.000-7.500. Beberapa toko yang sempat saya tandai adalah Diamond Card, Duta Graphia Printing, Abadi Card, dan Serayu. Di Duta Graphia lebih mahal sedikit, untuk model single board start from Rp 8.000 – 12.000 / pc. Di Abadi Card dihargai Rp 7.000-8.000/pc.

Akhirnya kami menyudutkan pilihan menjadi 2 vendor : Diamond Card dan Serayu Printing.

Di Diamond card, untuk model single board dengan laminated art carton adalah Rp 6.500, sama dengan harga yang ditawarkan Serayu Printing untuk model undangan tersebut dengan kertas jasmine.

Kemudian kami kembali ke Diamond Card untuk memastikan item apa saja yang kami peroleh, dan ternyata belum termasuk plastik, belum termasuk pattern dalam amplop, dan belum termasuk peta berwarna. Sementara di Serayu sudah include semuanya, walaupun dengan menggunakan kertas jasmine. Nggak papa lah, kertas jasmine juga cukup bagus, lagipula toh yang terpenting adalah info di dalamnya 🙂

Bahkan di Serayu, selain ucapan terima kasih, kami juga bisa sekalian print kupon penukaran souvenir dan kupon photobooth. With no additional charge! Di akhir juga kami dikasih ekstra 20 pcs undangan, kata Bapaknya takut ada yg kelupaan dilist di undangan, atau ada yang reject.

Alhamdulillah prosesnya cepat, dari cetak dummy sampai produksi kurang lebih 3 mingguan. Untuk warna memang terdapat perbedaan antara digital print dan sablon, das ist normal, yang penting hasilnya tetap bagus. Hanya ada 1 yang reject dan ada beberapa yang sedikit kurang rapi dalam pengelemannya, tapi dalam ukuran yang masih dapat diterima. 🙂

Berikut ini outputnya, maaf agak terpengaruh lighting 🙂

Semoga bermanfaat ❤

Dwi Mustika Handayani

2 thoughts on “[The Wedding Journal] Review Serayu Printing Pasar Tebet

  1. […] Sejak awal saya sudah memutuskan ingin undangan yang sederhana, tapi manis dan elegan. I want my wedding invitation to be able to represent us. Say no to undangan berlipat-lipat, berlembar-lembar, penuh tulisan, dan berpita-pita banyak. Yang saya mau adalah model single board full color dengan amplop, disertai sisipan peta yang juga full color. Untuk harga model seperti itu, harganya bervariasi dari Rp 6.000-12.000 sesuai dengan tempat dan bahan. Saya berhasil menemukan tempat cetak undangan yang saya mau senilai Rp 6.500/pc. Review tempat cetak undangan akan menyusul di postingan berikutnya. Review Serayu Printing Pasar Tebet […]

    Like

  2. boleh tau contact person serayu printingnya ga? boleh dikirim ke lstrocain@gmail.com makasih yah 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s