[The Wedding Journal] Tips Menyiapkan Undangan Pernikahan

Meski bisa diurus belakangan, undangan pernikahan merupakan esensi dari sebuah acara pernikahan. Karena tanpa undangan, kepada siapa kamu akan berbagi kebahagiaan pernikahanmu?

Beberapa langkah yang perlu disiapkan adalah :

  • Membuat Daftar Undangan (Beserta Gelar dan Alamat)Membuat list undangan berfungsi untuk memprediksi jumlah undangan yang harus dicetak. Ingat lagi lingkaran kolega dan pertemanan, mulai dari saudara dan kerabat dekat, tetangga, teman kantor, teman sekolah, teman kuliah, sampai dosen – dosen terdekat. Bahkan sebaiknya list ini dibuat di awal persiapan pernikahan untuk menentukan lokasi, budget, pesanan catering, jumlah souvenir, dan lain sebagainya.
    Beberapa undangan yang rumahnya dekat mungkin dapat diantar, namun bagi undangan yang jauh, alamat ini berfungsi sebagai informasi pengiriman nantinya, supaya tidak baru tergesa-gesa di akhir saat akan mengirimkan undangan. Daftar undangan ini juga sangat berguna pada saat mengetikkan undangan ke kertas label.
  • Membuat Daftar Undangan VIPApabila mengundang beberapa tamu VIP, siapkan list tamu VIP yang berisi nama, posisi/jabatan/institusi, dan foto. Selain berfungsi sebagai tool pengenalan tamu VIP pada hari H, daftar ini juga berfungsi untuk memprediksi jumlah kartu VIP yang akan dicetak dan disematkan di dalam kartu undangan untuk dibawa saat hari H (ini juga berfungsi sebagai tool pengenalan). Memang sih, mungkin tidak semua tidak VIP akan membawa kartu ini, tetapi this could be a help.
  • Desain dan Konten UndanganSiapkan desain dan konten undangan dengan cermat. Apabila menggunakan template dari percetakan, untuk urusan desain akan semakin lebih sederhana. Sementara untuk konten, perhatikan lagi nama mempelai dan orang tua (beserta gelar, kalau berkenan), alamat lokasi, alamat orang tua, tanggal dan waktu, atau hadist dan ayat yang ingin ditampilkan di undangan. Biasanya, revisi undangan juga justru lama di bagian ini. Periksa dengan teliti konten undangan sebelum naik cetak, jangan lupa minta dummy ke  vendor percetakan untuk memastikan tidak ada typo atau kurang tanda baca setelah undangan jadi.
  • Kertas dan Format LabelSiapkan kertas label untuk mengetik nama undangan. Saat ini sudah banyak format label undangan yang bertebaran di internet, tinggal pilih format yang sesuai dengan label yang akan digunakan, lalu ketik nama undangan satu per satu.

Semoga bermanfaat

Dwi Mustika Handayani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s