[The Wedding Journal] Review : Sanggar Liza & Miarosa

Setiap perempuan pasti ingin tampil cantik dan memukau pada hari bahagianya. Since it’s only once in a lifetime, we really need to hire a professional MUA that can make us a perfect bride. Dan bagi saya, selain cantik dan memukau, yang terpenting adalah jilbab menutup dada, tanpa cukur alis, dan tidak terlalu menor. Manglingi sih boleh, tapi jangan sampai jadi kaya bukan saya, nanti suami malah ngga ngenalin, hahaha.

Dari awal rencananya kami akan menggunakan sanggar saja untuk menghemat biaya, bukan membuat baju sendiri dan mencari MUA khusus untuk rias pengantin. Dan setelah review vendor rias, kami tertarik dengan Sanggar Liza dan Sanggar Miarosa, terutama untuk resepsi.

Sanggar Liza

Sanggar ini lagi naik daun di kalangan pengantin di Jakarta. Riasannya terkenal halus, modern, dan manglingi. Untuk riasan pengantin berhijab juga bagus. Berikut ini contoh riasan sanggar Liza:

See? Sangat halus yaa riasannya dan terlihat modern. Di Sanggar Liza ada 3 perias utama yakni Ibu Liza, Mba Fitri, dan Mba Reny. Tapi untuk Ibu Liza, harganya berbeda dengan Mba Fitri atau Mba Reny, yakni menggunakan paket Platinum. Sementara untuk perias Mba Fitri dan Mba Reny menggunakan paket Diamond. Berikut ini pricelistnya :

Price List Diamond 2015
Price List Platinum 2015
PROSEDUR

Paket untuk akad resepsi berlaku untuk satu kali make up saja dalam satu hari, kemudian saat resepsi hanya dilakukan finalisasi dan touch up. That’s why perbedaan harga antara akad resepsi dan resepsi saja tidak terlalu besar. Kalau akad berbeda hari biasanya akan ada charge tambahan lagi. Karena kami akadnya berbeda hari, apalagi saat akad juga ada acara adat lengkap (yang berarti kami harus sewa beskap dlsb), kami memutuskan memakai sanggar yang berbeda antara akad dan resepsi.

Mencari alamat Sanggar Liza sangaaat susah, kami sampai muter-muter, sampai ke jalanan menurun yang hanya dilewati satu mobil. Kami juga hampir tidak percaya dengan alamatnya. Tapi ternyata memang benar. Ramai sekali hari itu tapi untungnya kami tetap dilayani dengan baik. Karena akad dan resepsi yang berbeda hari, kami berniat untuk menggunakan paket Resepsi B (Resepsi saja). Dan alhamdulillah hari itu untuk Mba Fitri masih kosong untuk tanggal saya yeeeeeay! Meskipun demikian, harga di pricelist adalah harga untuk kebaya pengantin ready stock, sementara yang dimaksud kebaya ready stock disini adalah kebaya koleksi lama. Dan yang namanya kebaya ready stock…itu biasa banget, kebanyakan yang ada di gambar adalah kebaya exclussive. Untuk kebaya exclussive, kami harus menambah biaya di luar harga sewa sekitar Rp 1.500.000 – Rp 7.000.000, tergantung modelnya. Makin bagus makin mahal dong pastinya. Namun sayangnya hari itu kami ngga banyak diperlihatkan koleksi kebaya  yang dapat kami pilih. Hmm pikir – pikir lagi, karena kan belum tentu menemukan baju yang cocok. Tetapi akhirnya kami tetap taruh nama untuk booking Mba Fitri. Nanti dalam waktu 3 hari apabila kami tidak konfirmasi pesanan, nama kami akan dicoret dari daftar. That’s okay, kami bandingkan dulu dengan Miarosa.

Sanggar Miarosa

Miarosa juga terkenal dengan rias pengantin yang halus dan nggak menor. Walaupun harus saya akui kalau Sanggar Liza lebih OK. Sebenarnya Miarosa sudah lebih dulu dikenal sebelum Sanggar Liza mulai booming di kalangan calon pengantin, hanya saja kemunculan Liza benar-benar sebuah gebrakan dalam dunia periasan *halah. Berikut ini contoh hasil rias Miarosa :

Miarosa ini ada 2, yakni Sanggar Miarosa, dan MR By Miarosa. Bedanya, Sanggar Miarosa adalah untuk paket non rekanan catering. Sementara MR By Miarosa adalah sanggar khusus untuk rekanan catering. Perbedaannya terletak di koleksi kebaya dan periasnya. Perias utama di Sanggar Miarosa adalah Mba Fitri, Mba Anies, dan Mba Gayah. Kita tidak dapat menggunakan ketiga perias ini apabila menggunakan paket MR By Miarosa (kecuali maumenambah biaya). Dan Miarosa memang punya banyak sekali MUA, terkadang untung-untungan juga dapatnya siapa, cocok atau tidak.

Setelah dari Sanggar Liza, kami langsung cus ke Sanggar Miarosa di daerah Pondok Bambu. Kantor Miarosa buka dari Selasa sampai Minggu, dari jam 09.00 – 17.00. Hari Sabtu biasanya menjadi hari favorite para pengunjung datang, baik yang sedang survey, maupun yang fitting final. Mungkin karena banyak calon pengantin yang bekerja pada hari biasa. Jadi, usahakan datang sepagi mungkin ya supaya tiak antre terlalu lama.

Sesampainya disana kami dilayani oleh Mba Janah. Mba Janah ini baik, ramah, dan sabar banget. Pertama beliau menjelaskan tentang paketannya. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, walaupun kami hanya pakai untuk resepsi saja tapi sama saja dengan kami ambil paket akad dan resepsi karena terhitung satu kali make up. Berikut ini pricelist Miarosa tahun 2015 : PRICE LIST MIAROSA 2015

Dari paket itu, kita bebas untuk mengalokasikan paket yang didapat untuk siapa saja. Sebagai contoh, kami menggunakan Paket Diamond Exclussive Full dan mendapat 8 demang among tamu + 2 bonus demang ortu = 10 demang. Kami alokasikan 4 demang untuk saudara kandung, dan 6 demang untuk among tamu. Untuk rias juga sama.

Miarosa juga sekarang lagi mengembangkan lini khusus pengantin muslimah dengan nama Miarosa Moslem Bride. Untuk koleksi Moslem Bride, demang/beskap among tamu atau kain dan rias among tamu tidak termasuk di dalam paket, sehingga harus menambah terpisah. Tapi tenang, tidak mahal kok. Dulu saya sempat membandingkan harga untuk koleksi Moslem Bride dan Paket Diamond Exclussive full, bedanya kira-kira Moslem Bride lebih mahal Rp 1.000.000 untuk total item yang sama.

Disana kami bisa langsung fitting-fitting kebaya yang ada walaupun belum deal. Hanya dilarang berfoto foto saja kalau belum deal hehehe. Jadi kami coba fitting beberapa baju disana. Seluruh baju among, penerima, bapak, dan kain ibu juga bisa langsung dipilih. Tapi setelah itu juga masih bisa ganti lagi.

Sebenarnya untuk harga paket, bedanya tidak begitu jauh dengan Sanggar Liza. Tapi kalau di Miarosa kita ngga perlu nambah apa – apa lagi untuk busana yang kita pilih, kecuali kita berpindah lini, misal dari Sanggar Miarosa mau menggunakan baju koleksi Moslem Bride.

Akhirnya hari itu kami deal dengan Miarosa walaupun sudah booking di Liza, selain karena kepastian harga baju pengantin, Miarosa juga terlihat lebih berpengalaman dalam merias pengantin berhijab. Memang sih untuk make up nya sepertinya Liza lebih unggul, tapi Miarosa juga bagus kok, sudah cukup terkenal dan profesional juga pastinya. Setelah deal, saya disodorkan beberapa portofolio perias utama Sanggar Miarosa. Di antara Mba Gayah, Mba Fitri, dan Mba Anies, saya memilih Mba Fitri karena untuk alis tidak terlalu tegas dan terlihat lebih natural. Ohya untuk rias, disarankan utuk stop perawatan dokter sejak sebulan menjelang hari H, karena khawatir make up nya justru jadi kurang nempel, atau muncul masalah-masalah kulit lain. Lho, kok gitu? Gimana kalau habis itu justru jerawatan ? Tenang, tercover sempurna kok. Kaya di ketok magic hehehehe. Saat resepsi pernikahan saya pun alhamdulillah banyak yang bilang hasil riasnya awesome, manglingi dan kekinian banget katanya.

Habis deal, kegalauan berikutnya adalah menentukan tema warna. Duuuh bagi perempuan pasti ini penting banget! Pilihan pertama kami jatuh kepada kebaya modern biru muda-silver. Sehingga all theme nya adalah icy blue – silver ala Frozen. Sudah diskusi juga dengan pihak dekor untuk penyelarasan warna ini. Tapi ternyata saya merasa sangat berat untuk meninggalkan warna salem, peach, dan pink. Sudah tidak terhitung banyaknya berapa kaliseringnya kami ke Miarosa karena galau. Namun Mba Janah, Mba Widi, dan yang lain, selalu sabar melayani rempongnya kami saya, fitting melulu.

Sanggar Miarosa
Pondok Bambu Asri Raya No. 6 Pondok Bambu Jakarta Timur 13430
miarosa_bysamia@ymail.com

Semoga bermanfaat

Dwi Mustika Handayani

 

3 thoughts on “[The Wedding Journal] Review : Sanggar Liza & Miarosa

  1. Masih,…sanggar liza is the best for young metropolis and mom choice with all the profesionality..

    Sanggara liza adress: jl. Asam baris raya no.11a persis sebelahan dengan stasiun tebet.

    Come and visit your luxury moment with sanggar liza moment in time ever afters.

    Sincerelly yours,
    Syarif

    Like

  2. halo mba, kalau boleh tau apakah harus bikin janji dulu untuk datang ke miarosa? terima kasih 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s