[The Wedding Journal] Story How I Hire Every Decoration as Wedding Decorator

Love at the first sight, mungkin itu yang paling menggambarkan saya dengan Every Decoration. Pertama kali saya menemukan vendor ini adalah tidak sengaja lihat di instagram (well, nothing happens coincidentally, dont you think ?) dan saya suka sekali dengan pelaminan modern berwarna putih dengan aksen-aksen bunga pastel yang digunakan. Berikut ini contoh dekorasi Every :

Capture2

Mini Gallery di Kartika Chandra

Sebelumnya saya juga sempat menghubungi Lotus decoration, yang juga saya suka sekali, tapi langsung kibar bendera putih ketika tau harganya haha. Untuk mendekor Deptan, Lotus mematok harga start from 80 juta. Huaaa! Bye bye lotus, you are just too expensive to be true hahaha. Lagipula kita bukan tipe orang yang mau spend much untuk dekorasi. We will allocate the money for the food instead.

Sebelumnya juga sempat survey ke Mamanya Arfin yang bekerja sebagai decorator di Akasya Catering. Jangan ditanya lagi, Akasya Catering ini digunakan pada pernikahan Dude Harlino & Alyssa Soebandono, kemudian beliau juga pernah ikut menjadi tim dekorasi pada pernikahan anaknya Bakrie di Bali yang menghabiskan dana milyaran hanya untuk dekorasi saja! Tapi kalau kami jadi dengan beliau, beliau nggak membawa nama Akasya, tetapi pribadi saja dengan teman-teman lainnya, sehingga bisa lebih murah hihi. Kami dapat banyak sekali masukan dari Mamanya Arfin, beliau sangat ramah dan berpengalaman menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat acara pernikahan. Sooo happy, thank you Tante! 🙂

Sebenarnya ada banyak vendor dekorasi yang sempat membuat saya tertarik, di antaranya Rich Art Decoration, K’Jogja Decoration, Mawarprada Decoration, Butterfly Eventstyling tapi saya belum pernah sampai meminta pricelist, hanya browsing2 saja. Saya masih mau survey ke Every Decoration dulu. Saya cuma berdoaa, semoga harga Every masih reasonable dan affordable. Akhirnya saya coba kontak by email untuk meminta pricelist, dan Every pun memberikan harga dasarnya. Ohya biasanya kalau vendor dekorasi memang nggak memberikan pricelist seperti catering karena semuanya tergantung. Tergantung gedung, tergantung model, tergantung item, tergantung request. Alhamdulillah harga dasarnya masih memungkinkan. Kami juga sempat meminta referensi pricelist beberapa vendor dekorasi lain seperti Agung Decoration, Rumah Kampung Decoration, dan Janur Kuning Decoration. Tapi harganya rata-rata di atas harga dasar Every Decoration. Hmmmm simpen aja dulu.

Bulan September 2015 kami mengunjungi Gebyar Pernikahan Indonesia. Setelah melihat daftar exhibitornya yang memang familiar dan beberapa merupakan incaran, kami datang dengan tujuan : survey dan dealing vendor dekorasi. Apalagi biasanya saat pameran, vendor – vendor memberikan penawaran menarik dan diskon pameran. Kami juga mendaftar via email supaya dapat tiket masuk gratis hehe *tetep.

Pertama, langsung dong mengunjungi boothnya Every decoration. Kami bertemu dengan marketingnya yaitu Mas Robby dan Mba Djuju. Kami mendapatkan penawaran harga dasar yang sama dengan yang ditawarkan pada saat email.

Item yang diperoleh dari harga dasar :

  • Pelaminan 1 set, include 6 standing flower dan kursi di pelaminan
  • Taman pelaminan
  • 6 standing flower untuk di area red carpet
  • Red carpet
  • Dekorasi pergola pengantin, lengkap dengan lampu kristal dan bunga juntai
  • Dekorasi pembatas area VIP
  • Dekorasi pergola penerima tamu beserta lorong selamat datang
  • 4 buah kotak angpao beserta bunga
  • BONUS : hand bouqette
  • BONUS : janur kuning

Untuk panggung music, frame screen, photobooth, mini gallery, itu harga di luar paket which is harus nambah lagi kalau mau menggunakan item tersebut. Sementara 4 item ini adalah 4 item yang kami inginkan ada di acara. Hemmm kalau dihitung – hitung sepertinya lumayan juga.

Akhirnya dengan berat hati kami coba cari vendor lain. Kita datang ke booth Eko N Friends Decoration. Dapat informasi vendor ini dari Kak Dina yang menggunakan Eko N Friends dalam acara pernikahannya. Harga dasarnya sama dengan yang ditawarkan Every.

Kami bertemu dengan Mas Eko langsung. Overall item yang ditawarkan dalam paket dasar sih sama, namun standing flower yang diberikan Eko lebih banyak yakni 10 buah sehingga dapat digunakan juga di bagian foyer gedung. Dekorasinya juga lumayan bagus, meskipun dengan style yang berbeda dengan Every Decoration. Tapi setelah ngobrol panjang lebar, ternyata Eko N Friends tidak bisa membuatkan lorong untuk foyer Deptan karena harus menggunakan rangka tenda, sehingga kami harus menambah 7,5 juta untuk dekorasi foyernya. Namun apabila deal di pameran, kami akan mendapat bonus mini gallery dan frame screen. Tempting ? Yes. Apalagi 4 Item tambahan dari Every Decoration juga masih belum jelas totalnya jadi berapa.

Kami nggak lepas dari hitung-hitungan. It’s a must! Wajib hukumnya bride to be selalu menghitung dan membandingkan penawaran yang diberikan berbagai vendor. Si mas lebih condong ke Eko N Friends Decoration, doi juga sudah mau ambil uang untuk DP Eko N Friends Decor. Katanya, bonusnya lumayan, apalagi Every masih belum jelas totalnya berapa. Tapi saya tetep keukeuh bilang ke Mas, kalau sebaiknya pastikan dulu nominal dari Every Decoration, lalu baru dibandingkan dengan Eko N Friends Decoration.

Selepas shalat maghrib, kami kembali menghampiri booth Every Decoration dan minta tolong dihitung totalannya. Saya sudah siap-siap, kalau harganya melebihi batas maksimal kami, mau ngga mau kami harus melepas Every dan survey ke vendor lain. Dan karena sudah malam, kami harus kembali ke GPI besok (nggak apa apa, tiket masuknya freepass kok)

Kamu percaya jodoh ?

“Gini aja deh Mba Tika, karena kita lagi pameran, XX juta (harga paket dasar), semua yang mba mau tadi, kita kasih”, he said.

Respon pertama setelah dikasih tau itu ? Mangap. Selebar lebarnya.

Saya nggak bisa langsung percaya. Walaupun mukanya udah keliatan kesenengan dan nggak bisa kontrol. Saya pastikan lagi, berkali kali. Item item apa aja yang akan saya dapatkan. And everything seems clear. 

So, this is how I hire Every Decoration as my decorator 🙂

Item yang diperoleh sebagai berikut. Ohya yang kursi futura itu additional dari kami karena kursi yang disediakan gedung kurang banyak. Yang bertanda hati adalah yang sebelumnya tidak kami dapatkan di paket dasar. Banyak yaa bonusnya…kami juga dapat 4 buah buku tamu dan bahkan saat hari H kami dikasih meja consule lebih dari deal awal.

Item

Dan karena deal dengan Every saat pameran, kami mendapatkan kupon undian doorprize. Lumayan hadiahnya, dari voucher menginap di hotel, sampai cincin nikah, dan paket bulan madu. Tapi sayangnya ya udah ditungguin sampe jam 9 malem tapi belum beruntung. Nggak papa 🙂 Padahal mah mupeng, ngerasa punya kupon banyak. Dan ternyata yang menang door prize kebanyakan adalah yang transaksinya hari itu banyak sekali, tau gitu selama ini survey2 aja tapi dealing nya di pameran ya biar dapat banyak kupon hehehe.

Jpeg

Kupon Undian Doorprize

Semoga bermanfaat, plan every single details of your wedding with heart.

Every Decoration
everydecoration@yahoo.com
everydecor@gmail.com
Effri (081299199116) / Robby (08128762274) / Djuju (085711695539)

With <3,
Dwi Mustika Handayani

7 thoughts on “[The Wedding Journal] Story How I Hire Every Decoration as Wedding Decorator

  1. halo kak! boleh minta email atau kontaknya.. aku mau tanya2 tentang every dekor.. hehe
    thanks 🙂

    Like

  2. […] Hmm, sepertinya sudah sangat telat ya, padahal masih banyak hutang tulisan yang harus saya tulis disini. Ternyata mencuri waktu untuk menulis di sela-sela rutinitas itu tidak mudah ya, atau jangan – jangan ini sebenarnya karena rasa malas ya? hehe. Kali ini saya mau bercerita tentang bagaimana Every Decoration mendekor venue pernikahan saya di Departemen Pertanian (Lihat The Venue : Auditorium Kementerian Pertanian). Cerita tentang bagaimana saya akhirnya memilih Every sebagai vendor dekorasi pernikahan saya dapat disimak disini Story How I Hire Every Decoration as Wedding Decorator. […]

    Like

  3. halo mba, bolehkah saya dikirimkan pricelist atau harga dasar dari list vendor decor yang pernah mba minta? terima kasih banyak sebelumnya ❤ postingan mba sangat bermanfaat sekali untuk saya yang sedang hunting 🙂

    Like

  4. Unruk Garda saya tidak punya karena belum pernah survey kesana, sementara untuk K Jogja waktu itu hanya survey di pameran saja, harganya kisaran 28-30 untuk basic packagenya, ini harga waktu saya survey yah (2015).

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s